Friday, May 10, 2013

Bazis Al-Kautsar Gadung


Adalah himpunan klompok kecil yang ingin menunaikan kewajiban sebagai hamba pada Sang Kholiq dalam bingkai Syari'at Islam dengan sebenar-benarnya khususnya dalam segi kewajiban membayar zakat.
Kami sebagai pengurus BAZIS bukanlah dari orang-orang hebat, namun masih membutuhkan bimbingan, saran, teguran dan pengawasan dalam segi syari'at islam maupun berorganisasi, sehingga dapat menerapkan hukum-hukum dan menyampaikan amanah sebagaimana mestinya.
Atas keyakinan dan keinginan yang kuat serta prakarsa beliau Bp. Kades Joko Purwanto, Bp. Kasun Bari, Bp. Sugimun beserta tokoh masyarakat Gadung lainnya Bazis Al-Kautsar dibentuk, dengan harapan dapat menjadikan wadah bagi para aghnia' Gadung untuk mengeluarkan zakat, infaq atau shodaqoh mereka tanpa canggung dan perasaan lainnya sehingga yang tumbuh hanyalah ihlas untuk mendapat ridlo dari Alloh SWT.
Dan sebagai langkah awal untuk menyeimbangkan pelaksanaan ibadah wajib dalam syari'at Islam yaitu syahadat, sholat, zakat, puasa dan haji bila mampu.
Juga menghindari fitnah atau syu'udzon yang timbul dalam masyarakat ketika penyaluran zakat dilakukan scara langsung dari muzaki.
Selain itu agar zakat, infaq atau shodaqoh yang dikeluarkan dapat tersalurkan kepada orang-orang yang berhak menerima yaitu masyarakat Gadung khususnya, sehingga dapat membantu program pemerintah dalam rangka mengentas kemiskinan dan juga dalam rangka syi'ar Islam di Gadung.
Sebagai awal kegiatan pada masa panen periode pertama tahun 2013 kami telah mengumpulkan zakat sebanyak Rp.7.085.000,-  dan shodaqoh Rp.550.000,- , kemudian disalurkan pada fakir sebanyak 9 orang, miskin sebanyak 40 orang, mu'allaf  sebanyak 10 orang, ustadz dan ustadzah sebanyak 6 0rang dan amil sebanyak 11 orang dengan rincian pengeluaran selengkapnya sebagaimana tertera dalam dapur keuangan.
Dengan memohon petunjuk dari Alloh SWT., semoga kami dapat menjalankan tugas ini sebaik-baiknya dan mendapat ridlo Alloh SWT. Selanjutnya kritik, saran maupun bimbingan sangat kami harapkan guna introfeksi dan perbaikan dimasa yang akan datang.

No comments:

Post a Comment